Tety Sianipar, Malaikat bagi Penderita Disabilitas


Amat jarang anak muda peduli pada sesama yang menderita dan memutuskan untuk mendedikasikan diri bagi mereka. Biasanya anak muda zaman now ingin sukses berkarier sebagai wirausahawan, selebgram, youtuber, influencer, artis, dan sebagainya.

Tety Sianipar memilih jalan sunyi. Ia memilih menjadi pemerhati penyandang disabilitas. Lulusan Teknik Informatika Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta ini berinisiatif mendirikan Kerjabilitas.com dengan Rubby Emir.

Kerjabilitas adalah startup yang menghubungkan penderita disabilitas dengan calon perusahaan atau majikan.
Cara kerjanya sederhana. Penderita disabilitas cukup mendaftarkan diri di laman kerjabilitas.com.
Lowongan pekerjaan dari perusahaan dan majikan yang bersedia menerima penderita disabilitas tersedia di laman kerjabilitas.com.


Sampai kini kerjabilitas telah bekerja sama dengan 1.500 penyedia lapangan pekerjaan, mulai dari perusahaan kecil sampai multinasional, termasuk bank dan perusahaan ritel.

Menariknya, banyak perusahaan bersedia menerima karyawan tunarungu untuk ditempatkan sebagai pegawai administrasi. Pekerjaan utamanya, misalnya, dalam menginput data.

"Majikan mengatakan pada kami bahwa pegawai tunarungu amat produktif. Berdasarkan kesaksian ini, kami mulai menjodohkan disabilitas tertentu dengan jenis pekerjaan tertentu, " kata Tety. Ia mencontohkan, seorang pekerja tunarungu dapat menginput data tiga kali lebih efisien dibanding  pekerja "normal" yang kerap terdistraksi oleh suara obrolan dan kebisingan.

Salut untuk Tety Sianipar. Semoga jaya kerjabilitas.com!

Komentar